SINERGITAS TNI-POLRI HENTIKAN PERTIKAIAN WARGA DI TANJUNG MULIA

Puluhan personel gabungan dari TNI Yonzipur 1/DD dan Kodim 0201/BS serta Polres Pelabuhan Belawan mengamankan pertikaian antar warga dengan pihak PT. Agung Citra Prima, Jum’at (19/01/2018). Bentrok yang diduga disebabkan adanya pekerjaan penimbunan tanah/lahan sengketa ini terjadi di Jalan Metal, Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli , Kota Medan.

Kecepatan aparat keamanan (TNI dan Polri) tiba di lokasi kejadian pertikaian antar warga dapat segera diatasi, Sinergitas TNI Polri diperlukan guna menjaga keamanan serta berlangsungnya pengamanan warga mendatang.

Pantauan dari lokasi kejadian, pertikaian pecah dan aparat kepolisian tidak mampu membendung massa yang menggeruduk Jalan Metal, Tanjung Mulia. Sehingga Kapolres Labuhan Belawan meminta dukungan pasukan TNI ke Dandim 0201/BS dan Dandim minta perkuatan pasukan dari Yonzipur 1/DD.

Mendapat info ada bentrok massa, lantas Danyonzipur 1/DD Letnan Kolonel Czi Rielman Yudha, melapor ke Komando Atas dan selanjutnya mengirimkan anggotanya sebanyak 40 orang personil Yonzipur 1/DD untuk mengamankan pertikaian yang terjad.

Setibanya anggota Yonzipur 1/DD ditempat, anggota Yonzipur 1/DD langsung merancang taktik pengamanan dengan anggota Polri yang sudah berada di tempat. Dengan adanya Sinergitas antara TNI dan Polri tersebut secara perlahan emosi warga pun dapat di redam dengan cepat dan tepat yang pada akhirnya dilaksanakan mediasi antara pihak pihak yang bertikai oleh pihak keamanan dan Muspika setempat.

“Anggota Yonzipur 1/DD harus bersikap tegas dalam melaksanakan pengamanan dan menjalankan Protap yang sudah ditentukan, kita harus ciptakan kondusif di Medan, “ tegas Danyon Zipur 1/DD kepada anggotanya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *